Rabu, 08 April 2015

Gunung Prau

      Gunung Prau, adalah sebuah gunung yang terdapat di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung yang mempunyai ketinggian 2565 Mdpl ini dari basecamp sampai puncaknya dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 3 jam pendakian santai. 
      Cepat memang, jalur via patak banteng ini memang jalur yang keliatannya paling mudah, namun selama jalur pendakian sampai puncak gunung ini benar-benar nanjak dan minim bonus, cukup menguras stamina bagi pemula seperti saya. hehe.
      Namun terlepas dari medan yang bikin ngos-ngosan, pemandangan sepanjang pendakian seolah-olah menjadi obat pelipur lara *apasih. ya, pemandangan landscape kawasan dieng bikin pengen lama-lama aja istirahatnya.


Pemandangan Dieng selama jalur pendakian via patak banteng

      Beberapa menit menghela nafas, terlena terbuai akan elok pemandangan landscape dieng, tiba-tiba ada pendaki lain yang turun dan kami tersadar kalau belum sampai puncak. *lah. perjalanan kami lanjutkan kembali. Nanjak lagiii.


Puncak Gunung Prau 2565 Mdpl

      Beberapa menit kemudian sampailah kami di puncak gunung prau. Puncak gunung ini memang sangat luas, sejauh mata memandang hamparan rumput seolah hijau, ya memang hijau.



Savana Gunung Prau


Bukit Savana


Bukit Teletubbies

      Di puncak Gunung Prau ini juga terdapat bukit teletubbies, gundukan-gundukan unyu seluas mata memandang ini benar-benar mengingatkan pada tontonan zaman SD kelas 1 dulu.



Gak cuma rumput dan cemara, tapi taman bunga juga banyak dijumpai di Gunung Prau ini



Bunga Warna Putih

Bunga Warna Ungu

      Karena gak tau nama bunga nya, jadi ditulis gitu aja. Setelah puas bernafas di puncak, akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke basecamp patak banteng. Pendakian kali ini sedikit kecewa sih karena Gunung Sindoro, Sumbing, Slamet, Merbabu, dan Merapi tertutup kabut semua karena cuaca lagi buruk, harusnya ke 5 Gunung itu menambah cantiknya pemandangan dari puncak. Tapi OFEROL perjalanan kali ini merupakan salah satu perjalanan yang gak akan terlupa, pengen lagi malah.

Perjalanan Turun Menuju Basecamp

Melalui jalur yang sama dengan pendakian, melewati sawah terasering milik warga setempat. hanya membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai basecamp (campur lari).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar